28 November 2021

3 Fitur Ini Harus Ada di HR Software Indonesia

3 Fitur Ini Harus Ada di HR Software Indonesia

3 Fitur Ini Harus Ada di HR Software Indonesia

 

HR software Indonesia ini merupakan kebutuhan pokok bagi perusahaan. Tanpa menggunakan software ini HRD akan kurang fokus dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Bisa dikatakan bahwa tugas HR sangat banyak sekali. Selain manajemen, pengembangan SDM di perusahaan ini juga menjadi tugas HRD.

Karyawan ini merupakan roda penggerak perusahaan sehingga jika SDM kurang berkualitas perusahaan tidak akan bisa mencapai apa yang menjadi tujuannya. Yang sering menjadi masalah saat ini adalah HR sering mengeluh atau dipusingkan dengan urusan administrasi karyawan. Administrasi tersebut seperti absensi, mengatur cuti karyawan, payroll, laporan dan masih banyak lagi lainnya. Jika HRD hanya terfokus dengan urusan tersebut bukan tidak mungkin jika tugas HRD lainnya tidak akan bisa berjalan dengan baik.

 

Fitur yang Harus Dimiliki

Untuk bisa membuat HR software Indonesia ini bermanfaat untuk menunjang operasional HRD di perusahaan, hal yang bisa Anda lakukan adalah memilih fitur yang memang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Anda bisa memilih software yang mana fiturnya bisa dikustomisasi atau ditambah maupun dikurangi sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Ada beberapa fitur yang harus dimiliki oleh HR software Indonesia ini dimana jika fitur tersebut tidak ada maka software tersebut tidak bisa difungsikan secara maksimal. Beberapa fitur yang harus ada di HR software tersebut adalah berikut ini:

Payroll manajemen

Fitur HR software yang harus ada adalah manajemen penggajian atau payroll. Fitur ini menjadi yang paling krusial dan paling banyak dicari oleh perusahaan yang akan menggunakan payroll ini.

Untuk perusahaan yang memiliki ribuan karyawan fitur manajemen penggajian ini sangat penting. Pasalnya proses penggajian menjadi yang paling banyak menyita waktu dikarenakan prosesnya yang rumit. Untuk bisa melakukan penggajian ini perusahaan harus menggabungkan berbagai macam dokumen seperti absensi, jabatan karyawan, potongan, dan lain sebagainya.

Pajak dan asuransi

Sebagai perusahaan legal yang terdaftar dalam Departemen Tenaga Kerja maka sudah seharusnya perusahaan memenuhi tugas dan juga tanggung jawabnya. Tanggung jawab yang harus dipenuhi adalah membayar pajak dan asuransi untuk karyawan seperti ketenagakerjaan sampai dengan kesehatan. Anda bisa membayangkan betapa repotnya perusahaan jika harus melakukan penghitungan dengan cara manual.

 Manajemen waktu dan kehadiran

Saat ini semuanya sudah serba otomatis sehingga bukan saatnya lagi bagi Anda untuk mencatat kehadiran secara manual. Selain menyulitkan staff HRD, absensi dengan dicatat ini membuat rentan terjadinya kecurangan. Bisa saja karyawan menitipkan absen kepada temannya dengan cara meniru tanda tangan temannya tersebut.

Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan sistem HR yang bisa mencatat kehadiran dengan menggunakan sistem biometrik atau scan sidik jari. Ini tidak hanya bisa mencegah manipulasi kehadiran karyawan namun juga bisa memudahkan dalam melakukan pendataan karyawan.

Laporan

Fitur terakhir adalah laporan. Software yang Anda pilih ini sebaiknya memudahkan dalam membuat laporan dimana dengan laporan ini perusahaan akan mudah dalam memantau masing-masing karyawan.

 

Demikianlah beberapa fitur yang harus dimiliki oleh HR software Indonesia, semoga informasi ini bermanfaat.