19 Juni 2021

3 Tips Merawat Oppo A31

oppo a31

3 Tips Merawat Oppo A31

Oppo A31 sebagai ponsel pintar telah memasuki era dimana barang ini telah menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang. Sehingga penggunaannya wajar apabila hampir hingga 24 jam. Namun tak jarang kita abai terhadap kewajiban kita untuk merawat ponsel ini dengan cara yang bijak. Hal-hal yang sering kita lakukan diantaranya jarang menjaga kebersihan ponsel, kemudian menggunakan baterai ponsel seenaknya hingga drop, dan lain sebagainya. Tentunya hal tersebut akan membuat ponsel Oppo A31 menjadi kurang awet dan akhirnya kamu menjadi boros karena terlalu sering bergonta-ganti hp.

Secara sistem memang sebuah ponsel android telah dirancang agar bisa melakukan atau menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dalam sekali jalan. Sehingga tak jarang ketika akan membeli sebuah ponsel kita akan telebih dahulu memperhatikan seberapa besar RAM dan memori internal yang akan tersedia untuk kita gunakan.

Lalu apa yang harus kalian lakukan, jika kita sadar akan kewajiban merawat ponsel khususnya Oppo A31. Maka kamu bisa menggunakan tips berikut ini sebagai solusi tepat bagi perawatan Oppo.

Tips Merawat Oppo A31 Agar Penggunaannya Awet

Karena ponsel pintar ini sebagai barang kebutuhan primer tentunya akan repot apabila barang satu-satunya yang kamu punya in mengalami kerusakan. Nah sebagai langkah pencegahan, tentunya kamu bisa merawat ponsel pintar tersebut khususnya Oppo A31 agar bisa kamu gunakan dalam jangka waktu yang lama.

1.      Biasanya untuk isi daya dalam kondisi ponsel telah dimatikan

Pertama yang pasti harus kamu lakukan adalah membiasakan diri untuk isi daya dengan cara mematikan ponsel terlebih dahulu. Karena jika kamu mengisi daya dalam kondisi ponsel hidup, maka ponsel akan cepat naik temperaturenya kemudian akan merusak berbagai komponen di dalam ponsel dan parahnya lagi apabila temperaturenya terlalu tinggi maka akan menyebabkan ponsel meledak. Selain itu jika kamu bisa mengisinya dalam kondisi mati, maka waktu yang kamu butuhkan untuk mengisi daya tidaklah lama.

Kemudian jika kamu ada di daerah yang signalnya tidak stabil, mematikan ponsel saat isi baterai adalah langkah tepat. Karena saat ponsel tersebut hidup, maka ponsel akan berusaha mendapatkan signal hingga temperature ponsel naik dan pengisian daya bateraipun menjadi kurang efektif.

2.      Selalu menjaga kebersihan Oppo A31

Selanjutnya yang penting untuk kamu lakukan juga adalah membersihkan OppoA31 secara rutin. Karena ponsel kamu sentuh setiap hari dan bisa juga terakumulasi debu ataupun kotoran pada setiap lubang yang terbuka sehingga membutuhkan pembersihan.

Pembersihan Oppo A31 dapat kamu lakukan dengan jalan menggunakan kain yang halus yang bisa kamu sedikit basahi dengan minyak kayu putih. Hal ini bertujuan untuk membersihkan kotoran yang susah untuk dihilangkan hanya dengan mengelapnya. Nah apabila tidak kamu bersihkan, maka ada kemungkinan komponen yang ada diponselmu tidak bisa bertahan lama. Bisa dimulai dari speakernya tersumbat sehingga suara audio tidak keluar, kemudian pengisian daya  terganggu kotoran dan lain sebagainya.

3.      Pasang Screen Guard dan Juga Gunakan Case

Case ponsel erbaru seperti Oppo A31 sudah banyak beredar dipasaran, sehingga untuk membelinya kamu tidak akan kesulitan. Casing sangat penting untuk menjaga ponsel dari berbagai benturan kemudian melindungi dari kotoran dan lain sebagainya.

Selain casing kamu juga perlu melengkapinya dengan pemasangan screen guard atau tempered glass untuk perlindungan layarnya. Dengan begitu layar akan awet dan terhindar dari benturan yang bisa merusak layar secara langsung.

Demikian perawatan yang bisa kamu terapkan untuk ponsel Oppo A31 yaa. Tiga hal tersebut merupakan perlindungan atau perawatan yang bisa kamu lakukan dari luar. Tetapi kamu juga harus menyeimbangkannya dengan perawatan sistem operasinya juga, sehingga performanya bisa terus stabil dan berumur lebih panjang.