11 Oktober 2021

Apakah Perlu Susu Selain ASI Untuk Anak 1 Tahun?

susu pertumbuhan anak 1 tahun

Apakah Perlu Susu Selain ASI Untuk Anak 1 Tahun?

Ketika si Kecil menginjak usia 1 tahun, perlukah tambahan susu pertumbuhan anak 1 tahun untuk menunjang tumbuh kembangnya? Berikut ulasan yang harus Bunda ketahui!

 

ASI sangat penting untuk diberikan pada anak sejak usia 0 hingga 6 bulan, maka dari itu Bunda harus memberikan ASI secara eksklusif untuk membuat tumbuh kembang yang optimal.

 

Setelah usia si Kecil menginjak 6 bulan lebih, anak akan memerlukan asupan gizi yang lebih juga, Bunda bisa memberinya makanan pendamping ASI, seperti MPASI atau susu tambahan.

 

Perlu diketahui, saat si Kecil menginjak usia 6 bulan lebih ASI sudah tidak bisa mencukupi kebutuhan menyeluruh mulai dari energi dan nutrisi bagi si Kecil. Karena ASI hanya mencukupi 70% dari gizi yang dibutuhkan, maka dari itu makanan pendamping atau susu sangat diperlukan untuk membantu tumbuh kembang yang optimal.

 

Namun, alangkah lebih baik jika Bunda tetap memberikan ASI eksklusif untuk si Kecil hingga usia 2 tahun dibarengi dengan makanan pendamping atau susu. Itu bertujuan untuk membuat si Kecil terhindar dari gizi buruk yang bisa berujung stunting. Selain itu, memberikan asupan gizi yang baik akan membuat perkembangan anak tetap berjalan optimal.

 

Ketika berusia 1 tahun, pada umumnya anak akan mulai mengkonsumsi susu untuk merangsang pertumbuhan gigi dan melatih kemampuan motorik nya, serta kandungan energi yang bisa membuat mereka tetap kuat ketika melakukan aktivitas.

 

Pentingnya susu pertumbuhan anak usia 1 tahun memang sangat krusial untuk diberikan pada si Kecil, maka dari itu asupan susu menjadi sangat penting untuk tetap bisa terpenuhi.

 

Namun yang perlu diperhatikan adalah takarannya, tentu akan berbeda konsumsi susu untuk anak 1 dan 2 tahun.

 

Mengenai jumlah takaran susu untuk anak usia 1 tahun, Bunda bisa memberikan sesuai kebutuhannya saja, menurut American Academy of Pediatrics merekomendasikan pemberian susu untuk anak usia 1 tahun hanya memerlukan 530 mililiter (sekitar 2 cangkir) atau 18 hingga 20 ons per hari selama kebutuhan makannya tercukupi dengan baik.

 

Dengan mengetahui takaran tersebut, Bunda tidak perlu khawatir untuk kelebihan memberikan asupan susu untuk si Kecil. Karena memberikan sumber makanan alami merupakan hal utama dan prioritas untuk memenuhi kebutuhan harian si Kecil agar tumbuh kembang tetap berjalan optimal.

 

Jika si Kecil tidak suka untuk minum susu, Bunda bisa melakukan berbagai trik agar anak mau mengkonsumsi susu dengan rutin demi memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan agar bisa membuatnya tumbuh dengan maksimal.

 

Lalu apa saja trik yang bisa Bunda lakukan agar si Kecil mau minum susu? Berikut trik yang bisa Bunda lakukan!

 

Buat si Kecil merasa bahagia dengan membuat suasana menjadi lebih menyenangkan, karena ketika anak senang tentu mereka akan lebih mudah untuk di bujuk sehingga mau untuk minum susu.

Bunda juga bisa menyajikan susu pada cangkir atau botol yang lucu berbentuk karakter kartun atau mainan yang disukai dengan pilihan warna cerah yang menarik perhatian si Kecil.

Bunda harus kreatif membuat olahan dari susu menjadi makanan yang disukai si Kecil, atau Bunda bisa mencampurkannya pada oatmeal, sup atau makanan yang biasa dikonsumsi si Kecil.

Tambahkan coklat atau buah buahan manis seperti strawberry, pisang, apel, alpukat dan lainnya.

 

Metadeskripsi : Pentingkah tambahan susu pertumbuhan anak 1 tahun untuk dikonsumsi si Kecil? Susu sebaiknya mulai dikonsumsi sejak dini oleh si Kecil, karena penting untuk tumbuh kembangnya.