19 Juni 2021

Memilih Screw Compressor Sebagai Teknologi Pompa Vakum

screw kompresor

Memilih Screw Compressor Sebagai Teknologi Pompa Vakum

Energi Efisiensi tinggi dengan biaya operasional yang rendah

Kompresor kita tau adalah mesin atau alat yang sangat berguna bagi pemampatan partikel udara dengan indicator tekanan tinggi. Kompresor banyak digunakan pada peralatan pneumatik dan rem kendaraan, yaitu dengan memampatkan gas nitrogen/ gas asam/ gas nitrat pada industri kimia. Selain itu kompresor digunakan juga pada pembuatan pupuk urea atas gas CO2 dan digunakan sebagai supercharger untuk mentransfer mesin kapal.

Pertimbangan Kelebihan dari Screw Compressor

Pada dasarnya, kompresor memiliki banyak tipe, diantaranya yaitu screw kompresor, piston compressor, oil-free compressor, dan compressed air management systems. Pemilihan setiap tipe tentunya menyesuaikan kebutuhan, namun sebagai tipe kompresor yang relatif baru di pasaran, yaitu sekitar awal abad 19 dari Jerman, screw compressor memiliki banyak kelebihan yang dapat dipertimbangkan, diantaranya:

1. Ragam Fluktuasi komponen udara kecil dan aman

Prinsip kerja yang terjadi pada screw kompresor memanfaatkan sistem ulir, yang mana saat partikel udara tersalur melalui inlet kemudian akan masuk sistem screw, lalu berotasi dan kompresi partikel udara pun terjadi. Selanjutnya dialirkan menuju tangki penyimpanan gas atau udara.

2. Mesin tidak mengeluarkan limbah suara karena vibrasinya minim

Kompresor menghasilkan keseimbangan yang berjalan dinamis sehingga getaran mesin yang dihasilkan mendekati nol. Selain itu, screw compressor menerapkan eliminator suara dan isolator untuk mengurangi tingkat kebisingan.

3. Screw Compressor Kecil dan Ringan

Dengan daya yang sama dengan kompresor torak, ukuran screw compressor dinilai lebih kecil dan lebih ringan

4. Sistem kontruksi mesin, kemudian perawatannya dan ketersediaanya fasilitasnya mudah dipahami

Strukturnya cukup sederhana namun dapat mencapai status keseimbangan penuh dikarenakan poros screw bebas dar gaya radial poros atau aksial pada saluran udara. Sehingga berdaya tahan lebih lama selama 50.000 jam dan memperpanjang siklus pemeliharaan.

5. Apabila dibandingkan dengan reciprocating compressor mesin ini lebih mempunyai aliran udara yang lebih kontinyu

Kompresor dengan jenis atau tipe ini bisa dijalankan secara full time, sehingga pas apabila digunakan untuk kapasitas kerja yang cukup besar. Dan apabila diperbandingkan dengan jenis atau tipe piston maka akan kalah karena piston hanya bisa dijalankan kurang lebih 8 jam.

6. Meski termasuk dalam produk dengan biaya tinggi dibandingkan dengan tipe lainnya, screw compressor dapat dijamin memiliki maintenance dan operating cost yang jauh lebih rendah

Saat beroperasi, kompresor screw bekerja dua kali per putaran/ rotasi. Sehingga ruang saluran dimanfaatkan penuh untuk mencapai volume hembusan yang lebih besar dibandingkan dengan kompresor lain yang memiliki dimensi yang sama. Ketika tekanan mulai meningkat, saluran screw poros akan menurun, dan ketika exhaling selesai dan roda gigi terpisah dari saluran screw, kedalaman akan nol tanpa volume suara jernih, sehingga efisiensi volume akan tinggi. Dengan penurunan volume suara udara otomatis, maka energi yang disimpan akan meningkat 60% dari konsumsi yang lebih rendah saat dijalankan tanpa beban.

Screw compressor dapat diartikan sebagai kompresor dengan jenis perpindahan positif yang termasuk dalam kompresor putar, berfungsi baik untuk memampatkan udara atau  gas dengan putaran serempak roda gigi yang aling berkaitan dan berputar berlawanan arah. Untuk menjaga screw compressor agar tetap andal, pemeliharaan screw compressor dapat dilakukan dengan memperhatikan instruksi keamanan, gunakan alat yang sesuai dalam melakukan pemeliharaan, serta gunakan suku cadang yang telah direkomendasikan.

Sebagai salah satu distributor terbaik, Renner Kompressoren Indonesia memenuhi kebutuhan perusahaan pengolahan kayu, logam, makanan, industri otomotif dan lainnya yang membutuhkan support penyedia screw compressor yang sudah teruji keandalannya, memiliki daya tahan tinggi, serta penggunaan energi yang efisien, sehingga cocok untuk anda yang membutuhkan kompresor dengan daya tahan bertahun-tahun lamanya. Renner Kompressoren Indonesia dapat anda jadikan pilihan produsen screw compressor, karena bagian terbaiknya adalah dengan produk berkualitas tinggi yang dibuat oleh perusahaan manufakturnya, Renner Kompressoren di Jerman, anda juga mendapatkan pelayanan setelah pembelian untuk dapat memperbaiki mesin anda dengan para ahli dibidangnya.

Sebagai salah satu brand perusahaan Intidaya Dinamika Sejati, Renner Kompressoren Indonesia menyediakan kompresor terbaik mulai dari single screw compressor sampai dengan double screw compressor. Pengaplikasian produknya pun cukup beragam, salah satu contohnya dimanfaatkan pada bidang industri makanan menggunakan jenis oil-free screw compressor, yang akan digunakan untuk membersihkan botol minuman, kaleng, dan lain sebagainya.