11 Oktober 2021

Mengenal Manfaat Dan Tips Memilih Cooker Hood

alat penghisap asap dapur rinnai

Mengenal Manfaat Dan Tips Memilih Cooker Hood

Penghisap asap merupakan produk elektronik untuk dapur, lebih tepatnya dipasang di bagian atas kompor. Fungsi dari alat penghisap asap dapur rinnai sesuai namanya yaitu meredam asap serta aroma menyengat pada saat memasak. Model penghisap asap sendiri cukup beragam, terdapat penghisap asap/ cooker hood yang memiliki cerobong dan juga ada yang tanpa cerobong. Memiliki Cooker hood memang sangat disarankan supaya aktivitas dapur menjadi lebih nyaman.

Manfaat Memakai Cooker Hood

Pemasangan cooker hood dapur bukan menjadi tren saja, melainkan kebutuhan bagi beberapa orang. Jika dapur ada dalam ruang yang tertutup, maka udara panas saat memasak akan berputar di dalam ruangan tersebut dan hal itu sangat mengganggu. Jadi, dengan memasang cooker hood bisa menjadi solusi agar Anda dapat memasak dengan lebih nyaman. Produk penghisap asap ini pada prinsipnya berfungsi mengisap asap yang kotor, dan aroma menyengat. Selain itu seperti yang sudah disebut sebelumnya udara panas saat memasak juga bisa dihindari. Kemudian, penghisap asap bisa memprosesnya dan lalu menyalurkannya kembali agar menjadi udara bersih dan lebih sehat pastinya.

Tips Dalam Memilhi Penghisap Asap

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kalian perhatikan agar tidak salah dalam memilih penghisap asap untuk dapur anda.

Memperhatikan daya hisapnya

Dari tiap cooker hood mempunyai kekuatan isap berbeda-beda. Kalau intensitas memasak cukup sering, maka carilah penghisap asap yang mempunyai daya isap yang tinggi. Tetapi kebutuhan listrik akan tinggi juga jika memilih penghisap asap seperti itu. Sebaliknya, kalau Anda tak terlalu sering masak, cooker hood dengan memiliki daya sedang sudah cukup. Jumlah isap penghisap asap ialah meter kubik tiap jam. Agar bisa mengetahuinya, maka bisa perhatikan airflow yang pada tiap produk karena ada keterangannya.

Mengetahui letak control panel

Anda harus tahu juga letak control panel pada produk cooker hood itu berbeda-beda. Terdapat yang terletak pada bagian bawah, tapi ada yang di bagian depan mesin penghisap asap juga. Posisi control panel harus mudah dijangkau sehingga akan memudahkan kita mengoperasikan penghisap asap tersebut. Agar menunjang kemudahan, maka direkomendasikan penghisap asap dengan control panel bagian depan. Tetapi sebelum kalian membeli, maka pastikan sudah mengetahui di mana posisi tombol tersebut. Lalu disesuaikan dengan seperti apa kenyamanan Anda.

Memilih penghisap asap dengan kelengkapan fitur

Agar makin hemat listrik, maka pertimbangkan penghisap asap yang terdapat fitur sensor secara otomatis. Fitur ini bisa membuat cooker hood otomatis menyala pada saat mendeteksi asap. Lalu, nantinya mesin penghisap asap akan mati ketika asap tersebut sudah hilang. Di samping itu, pertimbangkan cooker hood dengan fitur lampu juga. Hal ini terkesan tak terlalu penting memang, tapi bila Anda masak pada saat malam hari, maka fitur lampu tersebut sangat diperlukan. Sementara lampu yang dipakai biasanya tak membutuhkan daya besar sehingga tak akan membuat pemakaian listrik Anda menjadi boros.

Mengecek tingkat kebisingan

Dikarenakan penghisap asap bekerja menyerap udara yang kotor, maka cooker hood tersebut pasti mengeluarkan suara pada saat beroperasi. Sementara kebisingan suara tersebut yang dihasilkan berbeda-beda pada tiap produknya. Tetapi ,agar lebih nyaman pada saat memasak, maka gunakan saja cooker hood dengna tingkat kebisingan seperti orang berbicara. Sebelum anda membeli penghisap asap, Anda bisa terlebih dahulu membaca review dari pembeli lain agar bisa mengetahui kebisingannya.